Obat Herbal dari Rosella

Obat Herbal dari Ros

                                                            (Foto: Dodi Irianto)



Hibbicus Sabdarifa begitu nama latin dari tanaman rosella ini. Tanaman ini yang sebelumnya hanya sebagai perhiasan pekarangan rumah, dimana tingginya antara 3-5 meter.


Tanaman berbunga memiliki warna merah cerah, yang berasal dari Benua Afrika ini ternyata banyak menyimpan kandungan vitamin dan serat yang sangat bagus untuk tubuh kita.

Berikut manfaat tanaman rosella untuk tubuh kita.
1. Membuat kulit kencang.
Dimana,tanaman rosella ini memiliki banyak kandungan vitamin untuk kulit kita, seperti vitamin A, vitamin C, protein esensial serta asam animo. Kandungan vitamin inilah yang membantu atau merawat kulit kita.
2. Memberi perlindungan terhadap berbagai penyakit.
Senyawa yang terkandung dalam teh rosella seperti senyawa fenolik yang berfungsi anti oksidan, degeneratif. Senyawa inilah yang akan membantu mencegah dan mengobati penyakit jantung, kanker, diabetes dan lain-lain.
3. Mencegah terjadinya pengeroposan tulang.
Dengan mengkonsumsi teh rosella secara rutin, bisa membantu mengobati osteoporosis, dimana kandungan zat besi pada tanaman ini sangat bagus untuk tulang.
4. Menstabilkan Tekanan Darah.
Darah berperan aktif dalam tubuh kita, bagai mana bila terjadi penyumbatan atau terhentinya peredaran darah pada kita. Kandungan Vitamin A, Vit B, Vit C, kalium, protein, zat besi pada tanaman ini, mampu untuk menstabilkan tekanan darah, yang tidak menimbulkan penyakit hipertensi yang bila dimakan akan menghambat aliran darah sehingga terjadinya penyakit jantung.
5. Mengkonsumsi teh rosella secara teratur dapat mengobati asam urat, diabetes militus, memperbaiki metabolisme tubuh, menghambat sel kanker, menyembuhkan sariawan, meredakan batuk, flu dan masih banyak lagi manfaat serta khasiatnya bagi tubuh kita.


Setelah mengetahui manfaatnya, masih ragukah anda dengan tanaman rosella ini? (**)


                                                         Buah/Bunga Rosella

Tanaman yang berkembang biak dengan biji ini ternyata banyak memiliki kandungan Vitamin dan serat hingga sangat cocok sekali untuk dijadikan obat herbal. Dan sekarang banyak yang menjadikan tanaman ini sebagai minuman teh, selay dan jeli.

Dimana, menurut DEP.KES.NO.SPP.1065/35.15/0,5. Setiap 100 gr teh rosella mengandung 260-280 mg Omega 3. Magnesiaum, Beta karotin, Serta asam amino esensial seperti lysine dan agrinine, dan kaya serat yang sangat bagus untuk pencernaan.

Kandungan Vitamin C yang terkandung dilam teh rosella mampu mengatasi radikal bebas yang menyerang tubuh hingga rentan dari penyakit, serta kalsium yang tinggi mampu mencegah pengeroposan tulang pada usia lanjut yang sering disebut dengan ostoeporosis. zat-zat yang terkandung lainya mampu melindungi tubuh dari infeksi kuman dan virus, diantara Vitamin itu yakni Vit A, Vit B, Vit D dan Kalium, protein, zat besi.

                                                                     Air Rosella

Adapun fungsi dari vitamin ini ialah *membuat kulit kencang, *Memberi perlindungan terhadap berbagai penyakit degeneratif, *Mencegah terjadinya pengeroposan tulang, *Menstabilkan tekanan darah, *Mengobati asam urat, diabetes militus, memperbaiki metabolisme tubuh, menghambat sel kanker, menyembuhkan sariawan, meredakan batuk, flu serta masih banyak lagi khasiat dan kegunaannya dari tanaman yang diberinama rosella ini. (Dodi Irianto)


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar