Ini Warna Tinja/Kotoan yang Sehat


Pernahkah kamu mengalami hal yang aneh saat buang air besar, hal yang aneh yang dimaksud disini adalah dimana ada perubahan baik warna dan bauk yang sangat menyengat pada saat kamu buang air besar. Ketika hal ini terjadi, kamu tidak usah buru-buru cemas atau merasa kuatir. Ada baiknya kamu kenali dulu warna kotoran kamu, karena bisa jadi kamu mengidap penyakit.

Berikut warna tinja atau kotoran yang sebaiknya anda ketahui.

1. Cokelat
Kamu dalam keadaan baik, warna normal tinja atau kotoran cokelat karena empedu yang dihasilkan oleh hati.


2. Hijau

Makanan terlalu cepat bergerak ke-usus besar, atau kamu terlalu banyak makan sayuran hijau.

3. Kuning

Berminyak atau licin, baunya tak sedap, mengindikasikan kamu kelebihan lemak, yang juga bisa disebabkan oleh malabsorption disorder seperti celiac diseases.

4. Hitam

Bisa disebabkan oleh pendarahan yang disebabkan oleh ulcer atau kanker. Bisa juga disebabkan dari vitamin yang ada kandungan zat besinya atau bismuth subalisilat. hal ini diperhatikan jika lengket (menempel dilobang toilet), kunjungi dokter jika kamu kuatir.

5. Putih atau Berwarna Cerah

Ini bukan warna tinja yang normal, bisa disebabkan oleh penyumbatan pada saluran empedu. hal ini juga bisa dipicu dari berbagai obat-obatan, dalam hal ini ada baiknya kamu ke-dokter.


6. Merah atau bernoda Darah

Bisa jadi kamu terindikasi gejala kanker. Jika tinja atau kotoran kamu berwarna merah, segeralah kamu menghubungi dokter.

Untuk normalnya berapa kali kamu buang air besar, seperti yang dilansir oleh artikel pasien sehat dalam sehari sekali atau dua kali, hal ini belum terealisasi, karena saat kita makan dibutuhkan waktu selama tiga hari paska pencernaan sampai kamu buang air besar. Karena menurut dokter, belum ada frekuensi yang normal, selagi kamu nyaman, kamu baik-baik saja.

Jika kamu ingin menjaga agar buang air besar kamu selalu sehat, sebaiknya kamu lakukan diet dengan serat 20-25gr. Cukupi kebutuhan cairan dan berolahraga. Jika kamu sembelit, kurangi makan makanan yang banyak mengandung serat, agar kotoran kamu sedikit lembek. Dan jangan lupa minum air sesuai dengan kebutuhan tubuh, hal ini dapat membantu usus supaya licin, hingga mempermudahkan tinja atau kotoran keluar.
Sumber: Pasien Sehat [healthworks.my]
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar