Anda ingin berkebun pepaya, beriku tata cara penyetekan pada batang pepaya.

                                                           Foto: Johan Wijaya

Anda ingin berkebun pepaya? Coba anda lakukan hal dibawah ini...
Pertama yang anda lakukan adalah menyiapkan alat-alatnya seperti parang atau pisau, sabut sebagai alat penyangkok, tali sebagai alat pengikat. setelah semua alat telah dirasa cukup, yang anda alakukan ialah:

1. Potong pohon yang bagus supaya bisa tumbuh tunas yang baru
2. Iris tunas yang baru, ganjal dengan kayu, supaya tunas yang diiris tidak menyatu kembali kebatang inang.
3. Bungkus potongan tunas tadi dengan sabut yang diberi tanah, lalu ikat.
4. Potong tunas, dan siap dipindahkan.

Pepaya (Carica Papaya L) Adalah tumbuhan berbuah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sebelah utara dari Amerika Selatan. Kini menyebar luas dan tumbuh di daerah tropis untuk diambil buahnya. Nama pepaya dari Bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda "Papaja". Dalam bahasa Jawa disebut "Kates" sedangkan bahasa Sunda disebut "Gedang".

Buah pepaya dimakan dagingnya untuk makan segar atau campuran es, untuk buah mudanya dibuat sayur, begitu juga untuk duan muda (pucuk). Buah pepaya ini juga mampu mengobati demam Malaria dan dapat menambah nafsu makan. Untuk bentuk buah, pepaya ada yang bulat dan ada juga yang panjang atau melonjong.

Pepaya banyak mengandung Vitamin A, yang dibutuhkan oleh tubuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL. serta meningkatkan kadar HDK (lipoprotein densitas tinggi). Biji pepaya memiliki efek hipolipidemia untuk terapi hiperlipidemia yang disebabkan oleh kanker lemak nabati dan antosianin. (Dodi Irianto)



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar