Tahukah kamu, Ternyata Emas Pada Monas Itu Didatangkan Dari Kabupaten Lebong, Bengkulu

 Kabupaten Ini Penyumbang Emas Pada Pembuatan Monas






Sebagian mungkin masyarakat Indonesia tahu akan keberadaan Kabupaten Lebong yang ada di Provinsi Bengkulu, tapi untuk masyarakat Bengkulu sendiri mereka sangat tahu keberadaan kabupaten tersebut, tapi apakah anda tahu pada zaman Belanda bahwa Lebong saat itu sangat terkenal hingga Belanda menukarkan Bengkulu dengan Singapura kepada Inggris. Saat itulah Inggris membentengkan kekuasaannya di Bumi Rafflesia, hingga sekarang bisa kita jumpai Benteng Marlboro di pusat Kota, Goa Sako Di Bengkulu Tengah yang merupakan sisa peninggalan Inggris.

Bicara Keberadaan Kabupaten Lebong ini berbatasan langsung dengan Jambi atau sebelah Utara dari Kota Bengkulu, bukan bearti dari Lebong bisa tembus ke Jambi, karena inprastuktur jalannya belum ada, anda harus memutar arah ke Kabupaten Rejang Lebong atau sering dikenal dengan Curup. Memang, kala itu kabupaten Lebong masih menyatu dengan Kabupaten Rejang Lebong.

Lalu maksud penulis disini apa?. Penulis ingin mencoba mengkisahkan Monas yang ada di Ibu Kota Indonesia, yaitu Jakarta. Dan apa hubungannya dengan Kabupaten terpencil di Indonesia itu?.

Ya, ternyata Kabupaten Lebong merupakan Kabupaten penyumbang Emas terbesar pada saat pembuatan tugu Monas. Monas yang menjulang tinggi itu yang cerita rakyat terbuat dari emas. Emas-emas itu didatangkan dari Kabupaten Lebong. Sampai sekarang tersirat kisah akan masyarakat Lebong, di mana mereka merasa bangga telah mengharumkan Indonesia serta telah menoreh sejarah, disisi lain mereka merasa dilupakan, dianak tirikan akan wilayah mereka yang begitu jarang sekali tersentuh oteh bantuan pemerintah pusat. Lihat saja keberadaan Kabupaten ini sekarang.

Peninggalan bekas galian tambang emas itu sekarang dijadikan objek wisata, salah satunya "Lobang Kacamata" entah nama ini di ambil dari mana, yang jelas tebingan terjal ini di buat lobang yang menyerupai kacamata. (**)

Sumber: Blogger_Abdian Hadi
Bocah nge-Blog. Selasa, 6 Sept 2011
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar