Kamu Harus Tahu, Kebiasaan Ini Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan Jantung

Kamu Harus Tahu, Kebiasaan Ini Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan Jantung




Jantung merupakan satu diantara banyaknya organ yang berfungsi pada tubuh manusia. Jantung berfungsi untuk memompa darah dan sediakan nutrisi untuk tubuh. oleh karena itu kita harus dan wajib menjaga jantung supaya selalu sehat. 

Seperti yang dikutif dari Media Kesehatan Online ini ada beberapa rutinitas atau kebiasaan sehari-hari yang bisa atau dapat merusak jantung kita, diantaranya:

1. Konsumsi Alkohol

Alkohol acap kali menjadi penyebab rusaknya masalah kesehatan, termasuk kesehatan jantung. Dimana, alkohol dapat meningkatkan tekanan darah tinggi yang menyebabkan resiko penyakit jantung dan struke. Selain itu, alkohol bisa menyebabkan pembesaran jantung dan melemahnya pemompaan otot pada jantung, yang selanjutnya bikin jantung tidak bisa memompa darah keseluruh tubuh, hal inilah disebut dengan gagal jantung.

2. Konsumsi Banyak Garam

Tanpa garam makanan akan terasa hambar, tapi apa jadinya bila terlalu banyak mengkonsumsi garam? ternyata terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam bisa memicu darah tinggi, hal seperti ini yang bisa memicu serangan jantung bahkan struke.

3. Kurang Olahraga

Berolah raga dapat membantu pemulihan fungsi otak dan memberi kebugaran serta kesehatan pada tubuh. Namun bila kurang berolahraga akan memicu naiknya berat tubuh bahkan bisa menimbun lemak, sehingga membuat terhambatnya aliran darah pada tubuh.

4. Makan Berlebihan

Ternyata makan yang berlebihan bisa berpengarauh pada kesehatan jantung, hal ini seperti yang di lakukan oleh Yayasan Jantung dan Stroke di Ontario, Kanada. yang menyimpulkan makan yang berlehan dapat berpengaruh pada kesehatan. Negatifnya yaitu refluks asam, cholesterol tinggi, hipertensi, dan asma serta faktor lain yang bisa mengganggu kesehatan jantung.

5. Merokok

Tidak bisa dipungkiri lagi, dimana meroko adalah faktor utama penyebab penyakit jantung. Hal ini juga diperkuat dengan peringatan pemerintah pada setiap-tiap bungkus rokok. Disadur dari WebMD.com, nyaris 20 % dari seluruhnya kematian karena jantung mayoritasnya disebabkan rokok. Karena merokok merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

6. Kurang Tidur

Kurang tidur bisa memicu ketidak keseimbangan hormon, hingga bisa berdampak pada fungsi jantung hingga mengakibatkan penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, denyut jantung tidak normal, tekanan darah tinggi, stroke hingga diabetes.


Sumber: Media Kesehatan Online #Kesehatan
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar